PORPROV VI SIAPKAN ATLET GO INTERNATIONAL

Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Jawa Timur 2019 resmi dibuka pada Sabtu (06/07) di Stadion Surajaya, Lamongan. Acara yang dibuka oleh Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa, dihadiri juga oleh Wakil Gubernur Jatim Emil Elestianto dardak, Ketua Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Jatim Erlangga Satriagung, dan beberapa tokoh Jawa Timur lainnya.

Porprov kali ini mengusung tema “Jawa Timur Untuk Dunia”. Hal ini bermaksud agar atlet milenial Jatim menuju puncak dan siap berprestasi ke kancah Internasional.

 “Mereka yang berprestasi bisa menjadi bagian dari regenerasi atlet Jatim untuk Pekan Olahraga Nasional 2020 atau event Internaional” ungkap Khofifah

Ketua KONI Jatim Erlangga menjelaskan bahwa Porprov VI akan berlangsung mulai tanggal 6 Juli hingga 13 Juli mendatang. Lokasi pertandingan digelar di 4 Kabupaten yaitu Lamongan, Gresik, Bojonegoro, dan Tuban yang terbagi 42 cabang olahraga. Ajang olahraga ini diikuti sebanyak 7.818 atlet dan 2.848 official dari 38 kabupaten dan kota seJawa Timur.

Dalam sambutannya, Khofifah menjelaskan bahwa kegiatan ajang olahraga ini sangat positif untuk generasi muda dan agar mereka terhindar dari kontaminasi lingkungan buruk maupun narkotika. Selain itu, ia berpesan kepada para atlet untuk menjujung tinggi sportivitas.

“Atlet Jatim harus go International. Jangan bermain curang, junjung sportivitassaat bertanding” ujar Gubernur jawa Timur.

Demi memeriahkan Provpov ke-6, dibentuk 4 maskot yang menjadi ikon setiap kabupaten lokasi pertandingan dan 1 ikon untuk Jawa Timur. Beki, berbentuk ayam bekisar yang menjadi maskot Jawa Timur, Lilo menggambarkan ikan bandeng dan lele sebagai maskot Kabupaten lamongan, Si Giro jerbau giras menggambarkan Kabupaten Gresik, Si Meli berupa Meliwis Putih dari Kabupaten Bojonegoro, dan Si Lawe berupa seekor kuda maskot dari Kabupaten Tuban.